Minggu, 03 Juni 2012

Water Bear hewan tahan radiasi



Tardigrade atau sering disebut dengan Water Bear (beruang air) atau disebut juga Moss Piglet (babi lumut), merpakan bagian dari supefilum Ecdysozoa, filum Tardigrada.
Memiliki ukuran sangat kecil, hidup di air , dan memiliki kaki berjumlah delapan.

Water Bear pertama kali dideskripsikan oleh Eprhaim Goeze pada tahun 1773, sedangkan nama Tardigrada yang artinya "pejalan lambat" diberikan oleh Lazzaro Spallanzani (yaitu seorang Pastor Itali yang sekaligus merangkap sebagai ilmuwan dalam bidang hewan) pada tahun 1777.

Water Bear bisa anda jumpai disemua belahan dunia, mulai dari puncak Himalaya hingga didasar Samudra, dan dari Kutub hingga dibagian ekuator. (tapi kok ga keliatan ya??) ya jelas lah ga keliatan, ukuran paling besar aja 1,5 milimeter dan paling kecilnya 0,1 milimeter, sedangkan ukuran larvanya hanya sebesar 0,05 milimeter (kalo mau ngeliatnya pake kaca pembesar aja hehehe..)

Perlu diketahui Water Bear memiliki kemampuan beradaptasi dilingkungan sangat ekstrim. Water Bear mampu bertahan dilingkungan dingin dengan suhu 0 derajat celcius hingga ditempat yang bersuhu tinggi yaitu 151 derajat celcius (berarti kalo digoreng ga bisa dong yah -_-").
Mereka juga dapat menahan tekanan yang sangat rendah dari sebuah vakum dan juga tekanan yang sangat tinggi yaitu 6000 kali tekanan atmosfer.
Dan yang paling mengaggumkan adalah water bear dapat bertahan terhadap radiasi dosis mematikan 5000 Gy (gamma-ray) dan 6.200 Gy (ion berat) dimana (5 hingga 10 Gy dapat berakibat fatal pada manusia). Nahh, oleh karena itu Water Bear dikenal sebagai hewan yang polyextremophiles.
Dengan kemampuan tersebut, water bear merupakan makhluk hidup yang dapat bertahan bila terjadi perang nuklir atau bencana alam lain yang ekstrim. Bahkan dapat hidup selama 120 tahun dalam kondisi kering.

Kemampuan menakjubkan lainnya adalah dapat bertahan diluar angkasa yang hampa udara. (woooowww amazing..). Pada penelitian di bulan September 2007, water bear dapat hidup selama 10 hari di lingkungan luar angkasa. Water bear dikirimkan keluar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa FOTON-M3 oleh European Space Agency dan dapat hidup dalam keadaan hampa udara, terpapar sinar kosmik dan bahkan dapat bertahan terhadap radiasi UV matahari 1000 kali lebih tinggi dibandingkan radiasi dipermukaan bumi.

Subhannallah banget ciptaan Allah yang satu ini yah :)
semoga bermanfaat yah..

sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar