Kamis, 31 Mei 2012

Asal Usul "Pempek" makanan khas Palembang





Assalamu'alaikum :)
Siapa sih yang nggak tau "Pempek" ??
Pasti hampir seluruh masyarakat dinusantara tau makanan lezat nan gurih yang terbuat dari sagu dan ikan, serta ditambah saus atau sering disebut dengan "cuko" yang rasanya asam-asam pedas yang terbuat dari gula merah, cabai, asam jawa atau cuka , bawang putih dan garam ini menghasilkan saus yang berwarna hitam kecoklat-coklatan sehingga menambah daya tarik untuk menyantap makanan khas dari Palembang ini (huuaaahhhh.. jadi ngiler sslluurrpphh :p)


Jenis pempek pun banyak sekali macamnya misalnya pempek kapal selam (mungkin secara abstrak terlihat seperti kapal yang terbalik kali yahh :p), pempek lenjer, pempek ada'an (bentuknya bulat-bulat),pempek panggang, pempek kulit ikan (pastinya terbuat dari kulit ikan yahh.. ga mungkin kan dari kulit sapi -_-"), pempek kriting (bentuknya kriwel-keriwel gitu deh), dan ada juga pempek pistel (isinya itu irisan pepaya muda yang sudah direbus dan diberi bumbu, maknyusss... :p)





pempek kapal selam



pempek lenjer



pempek ada'an



pempek panggang



pempek kult ikan



pempek keriting


pempek kates (pistel)


Nahhhhhhh, menurut sejarah pempek telah ada sejak setelah masuknya perantau Cina ke Palembang, sekitar abad ke-16 (waahhh udah lama bangettt.. yahh..)
Konon warga etnik Tionghoa yang bernama "Sipek" ini mencari nafkah di kota Palembang dengan cara berdagang berkeliling -keliling menju@al makanan yang terbuat dari sagu dan ikan ini. Makanan ini pun laris dan sangat disukai masyarakat sekitar, namun makanan tersebuat belum memiliki nama.
Karna tidak mempunyai nama orang- orang disana kalau mau membelinya selalu menyebut nama sipenjualnya " Pek.. pek.. sipek.. beli... " namun lama - kelamaan pengucapannya berubah "Pempek " atau " empek- empek"


Nahhh.. gimana?? udah taukan sekarang sejarah nama pempek. selain rasanya yang lezat,gurih dan nampol ini tersimpan asal mula yang unik pula yah :)
semoga bermanfaat :)


Wassalammualaikum..
Misto
Comments
1 Comments

1 komentar: